Real happiness comes from inside. Nobody can give it to you. -Sharon Stone

Kamis, 25 Februari 2010

Belajar Lebih Mudah di zaman sekarang ini ; Tugas II

Pengenalan istilah ‘Ubiquitous Computing’

Perkembangan teknologi komputer sangat pesat. Dulu, mainframe merupakan
produk utama pada masa itu. Sebuah komputer berukuran besar, digunakan
secara bersama-sama oleh beberapa orang. "One computer, many people",
merupakan gelombang pertama teknologi komputer. Lalu PC menggantikan
peran mainframe sebagai pemeran utama dunia komputasi. Ukuran komputer
semakin kecil dan memiliki kemampuan lebih dibanding gelombang pertama.
Jumlahnya pun bertambah secara eksponensial, sehingga "one person, one
computer" telah menjadi kenyataan. Saat ini komputer menjadi sangat
murah dan mudah digunakan dan ditandai dengan lazimnya pemakaian
beberapa komputer oleh satu orang, "one person, many computers." Selain
daripada itu, internet yang merupakan kombinasi antara teknologi
komputasi dan komputasi, menjadi tulang punggung infrastruktur
informasi global. Gelombang perkembangan teknologi komputasi ini
memungkinkan suatu teknologi yang dinamakan ubiquitous computing

Pengertian dan Manfaat e-Learning

Banyak pakar yang menguraikan definisi e-learning dari berbagai sudut pandang. Definisi yang sering digunakan banyak pihak adalah sebagai berikut.

a. E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain [Hartley, 2001].

b. E-learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone [LearnFrame.Com, 2001].

c. E-learning adalah semua yang mencakup pemanfaatan komputer dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran, termasuk di dalamnya penggunaan mobile technologies seperti PDA dan MP3 players. Juga penggunaan teaching materials berbasis web dan hypermedia, multimedia CD-ROM atau web sites, forum diskusi, perangkat lunak kolaboratif, e-mail, blogs, wikis, computer aided assessment, animasi pendidkan, simulasi, permainan, perangkat lunak manajemen pembelajaran, electronic voting systems, dan lain-lain. Juga dapat berupa kombinasi dari penggunaan media yang berbeda [Thomas Toth, 2003; Athabasca University, Wikipedia]. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dapat disebut sebagai suatu e-learning.

Keuntungan menggunakan e-learning diantaranya :

• menghemat waktu proses belajar mengajar,

• mengurangi biaya perjalanan,

• menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku),

• menjangkau wilayah geografis yang lebih luas,

• melatih pelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

E-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi pelajaran. Demikian juga interaksi antara peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun antara sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi atau pendapat mengenai berbagai hal yang menyangkut pelajaran ataupun kebutuhan pengembangan diri peserta didik. Guru atau instruktur dapat menempatkan bahan-bahan belajar dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik di tempat tertentu di dalam web untuk diakses oleh para peserta didik. Sesuai dengan kebutuhan, guru/instruktur dapat pula memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengakses bahan belajar tertentu maupun soal-soal ujian yang hanya dapat diakses oleh peserta didik sekali saja dan dalam rentangan waktu tertentu pula (Website Kudos, 2002).

Opini Pribadi

Dengan adanya Ubiquitous Computing ini, para pelajar akan dituntut untuk mencari informasi sendiri tentang pelajaran akan dipelajari . Sehingga para pengajar juga dapat mengontrol para pelajar dengan baik . Saya rasa ubiquitous computing ini sangat berkaitan dengan e-Learning karena program ini diciptakan juga untuk mengembangkan pendidikan dan memudahkan kita untuk belajar ilmu pengetahuan . Sehingga para pelajar dituntut untuk percaya diri untuk mampu belajar sendiri . Saya sangat setuju adanya program ini , karena sangat membantu dalam berbagai pembelajaran .

DAFTAR PUSTAKA

http://www.ubb.ac.id/menulengkap.php?judul=Manfaat%20Elearning%20dalam%20Pengajaran&&nomorurut_artikel=98

http://blog.unila.ac.id/satriamadangkara/2008/06/05/definisi-e-learning/

http://www.shvoong.com/exact-sciences/1637200-mengenal-ubiquitous-computing/

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alafabeta.

Santrock, John W. (2008). Psikoplogi Penddiikan edoisi kdua. Jakarta: Kencana.

NAMA : CHIKA F. SITEPU

NIM : 091301063

TANGGAL : 26 FEBRUARI 2010

Selasa, 16 Februari 2010

Diskusi Kelompok ; tugas 2

Kami memelihara banyak hewan di rumah. Ikan mas koki berjumlah 8 ekor di akuarium, lalu mati 2 ekor sehingga ikan mas koki ada 6 ekor. Kami juga memelihara 12 ekor ayam di belakang rumah, setelah kami memiliki banyak bebek. Ayam betina itu berjalan bersama 8 ekor anaknya. Ayah juga memelihara burung Nuri. Burung Nuri itu ada 19 ekor, ditangkap kakek di hutan Sibolangit dan dijualnya kepada pengusaha kapal pesiar yang kaya raya dari negeri Paman Sam.

Pendapat kami :
Permainan kelompok ini sangat menyenangkan, karena permainan ini tidak hanya meningkatkan kreativitas saja tetapi juga memacu mahasiswa untuk saling bekerja sama dalam menyatukan ide - ide yang berbeda antar anggota kelompok. Selain itu permainan ini meminta mahasiswa untuk berpikir lebih logis lagi dalam menyelesaikan pertanyaan yang diajukan.
Ketika membacakan cerita, mahasiswa dilatih untuk dapat menyampaikan apa yang diketahuinya kepada yang dengan lebih baik. Sedangkan bagi yang mendengarkan, dilatih untuk menjadi pendengar yang baik dan lebih berani untuk menyampaikan pertanyaan terkait dengan cerita yang dibacakan.

Nama :
* Kurnia Lumbanbatu (09 -021)
* Santa Vinensia Samosir (09 - 055)
* Janvencius Valerius (09 - 059)
* Chika Fransiska Sitepu (09 - 063)
* Windhika Silalahi (09 - 077)

Rabu, 10 Februari 2010

Internet vs Text Book ; Tugas I

Pembahasan Seputar Teknologi

Teknologi dan Pendidikan
Teknologi adalah tema penting dalam pendidikan . Teknologi juga tidak bisa dipisahkan dari pendidikan karena akan selalu dibutuhkan . Internet juga termasuk salah satu dari perkembangan teknologi .
Revolusi Teknologi
Para mahasiswa dewasa ini tumbuh di dunia yang jauh berbeda dengan di masa orangtua jaman dulu . Jika mahasiswa ingin siap kerja , teknologi harus menjadi bagian integral dari kampus dan pelajaran di kelas . Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kita kini hidup. Orang menggunakan teknologi seperti komputer , bolpoin , dll . Teknologi sudah menjadi bagian dari sekolah selam beberapa dekade . Jumlah-jumlah komputer selalu bertambah disetiap sekolah disetiap tahunnya . Maka dari itu , dapat dikatakan bahwa proses belajar itu memerlukan teknologi dan sangat berkaitan .
Internet
Internet dapat dirumuskan sebagai “a large collection of computers in networks that are tied together so that many users can share their vast resources” (Williams, 1999). Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer . Sistem internet berisi informasi yang terhubung diseluruh dunia, menyedihkan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid . Dalam banyak kasus, Internet mengandung informasi yang lebih baru ketimbang buku teks. Internet adalah alat pembelajaran penting dalam proyek kaya teknologi yang disebut Cooperative Networked Educational Community of Tomorrow (Co-NECT) (Jones, Tasnume, &Moffit, 1997).
World Wide Web (Web) adalah sistem pengambilan informasi hyperrmedia yang menghubungkan berbagai materi Internet; materi mencakup teks dan grafis. Di zaman sekarang ini, berbagai tempat umum yang sering dikunjungi pengunjung seperti perpustakaan, museum, universitas, dll menampilkan berbagai informasi di Web, semua dapat diakses oleh murid dengan cara meg-klik kata atau gambar yang ada di layar komputer.
Website adalah lokasi individu atau organisasi di Internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau organisasi.
Email adalah singkatan dari electronic mail dan merupakan bagian penting lain dari Internet. Kita dapat mengirim dan menerima pesan layaknya surat dari banyak individu sekaligus tetapi dalam bentuk media elektronik.
Internet mempunyai banyak fungsi, termasuk fungsi pendidikan dan pembelajaran. Pembelajaran melalui internet dapat diberikan dalam beberapa format (Wulf, 1996), diantaranya adalah :
Electronic mail (delivery of course materials, sending in assignments, getting and giving feedback, using a course listserv., i.e., electronic discussion group),
-Bulletin boards/ newsgroups for discussion of special group,
-Downloading of course materials or tutorials,
-Interactive tutorials on the Web,
-Real time, interactive conferencing using MOO (Multiuser Object Oriented) systems or Internet Relay Chat.

Internet dalam kehidupan saya
Saya mengenal internet semenjak SMP. Saya sangat menikmati dengan adanya internet. Dalam kehidupan saya, terutama dalam perkuliahan, saya sangat bergantung dengan internet. Internet banyak membantu saya dalam mengerjakan tugas dan mencari informasi seputar topik mata kuliah yang saya pelajari atau yang saya kurang mengerti. Saya sangat dibantu dengan adanya internet. Internet juga membuat wawasan saya semakin luas. Melalui internet juga saya mengenal Facebook, Twitter, Plurk, dsb. Tetapi itu menimbulkan dampak negatif juga bagi saya. Saya jadi lebih senang untuk mengup-date status daripada membaca textbook. Saya berharap dapat menggunakan internet secara positif sehingga dapat memperbaharui pengetahuan saya.

Daftar Pustaka
-Munir (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
-Santrock (Psikologi Pendidikan, edisi kedua)


Chika F. Sitepu
10 Februari 2010

Senin, 08 Februari 2010

Tugas Kelompok ; tugas 1

Pandangan dan pendapat terhadap kewajiban setiap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah psikologi pendidikan 3 sks tahun ajaran 2009/2010, harus memiliki email dan blog ditinjau dari uraian psikologi pendidikan dan fenomena pendidikan di Indonesia, Medan khususnya.

Mahasiswa secara tidak langsung dituntut untuk mengetahui dan menguasai iptek. Dan secara tidak langsung pula mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang. Mahasiswa – mahasiswa yang sebelumnya tidak mengetahui cara – cara membuat email dan blog akan meminta kawan – kawannya yang tahu untuk mengajarinya. Suasana belajar mengajar juga kelihatan lebih menarik daripada monoton secara terus menerus dengan menggunakan textbook.

Selain itu pula mahasiswa juga dapat lebih memahami 4 pilar pendidikan.
* Learning to know
* Learning to do
* Learning live together
* Learning to be


Melalui blog mahasiswa dapat saling berbagi pengalaman dan hal - hal yang mereka ketahui sesama mahasiswa. Dan bukan saja hanya antar mahasiswa, tetapi juga dengan pengguna internet lainnya yang mengakses blog mahasiswa. Mereka dapat memberi masukan - masukan terhadap tulisan - tulisan yang ada di dalam blog mahasiswa psikologi melalui komentar mereka.

Namun ada juga aspek yang mungkin dianggap kurang menyenangkan oleh sebahagian mahasiswa. Keterbatasan fasilitas dan dana. Bagi yang belum mempunyai akses internet sendiri akan menganggap hal ini sedikit membebani karena harus pergi ke warung internet dan mengeluarkan biaya ekstra. Belum lagi sebagian besar suasana warung internet di Medan kurang nyaman, karena tidak ditata dengan baik.

Anggota Kelompok :
* Kurnia Lumbanbatu ( 09 - 021)
* Santa Vinensia (09 - 055)
* Janvencius Valerius (09 - 059)
* Chika Fransiska Sitepu (09 - 063)
* Windhika Siahaan (09 - 077)